Tim Dokter Sukses Pisahkan Maxxon & Maxxen

RSAB Harapan Kita baru-baru ini behasil memisahkan bayi Maxxon dan Maxxen, bayi kembar siam dempet dada dan perut! Menurut dr. Didi Danukusumo, SpOG(K), Direktur Medik dan Keperawatan RSAB Harapan Kita, Jakarta, untuk menangani Maxxon dan Maxxen, RSAB Harapan Kita membuat tim yang terdiri atas dokter neonatologi, bedah anak, ahli bedah toraks, juga dokter kulit, dokter anestesi, dan dokter ICU.

Baca juga : toefl ibt jakarta

RSAB Harapan Kita juga mengajak kerja sama tim dokter dari RS Dr. Soetomo Surabaya, yang telah berpengalaman menjalankan operasi pemisahan kembar siam sampai 74 kasus. Kerja sama yang dibangun bersama tim dari RS Dr. Soetomo meliputi transfer ilmu, sharing/diskusi, dan pendampingan saat proses operasi. Setelah mendapatkan cukup bekal ilmu dan informasi, tim dokter membuat sebuah skenario operasi. Pertama kali melakukan operasi untuk membuka kulit adalah tim dokter bedah plastik, hati yang menyatu dipisahkan oleh tim dokter bedah anak, tulang dada yang menyatu ditangani oleh tim dokter bedah thorax.

Prediksi-prediksi kemungkinan yang terjadi pasca-operasi atau adanya kecacatan lainnya juga dicatat saksama. Setelah semuanya siap, ditetapkan 20 Februari 2016 sebagai hari H operasi. Supaya semakin yakin, pada 13 Februari, tim dokter melakukan geladi kotor operasi Maxxon dan Maxxen dengan menggunakan model (boneka) yang dibuat seperti bayi kembar siam. Ruangan operasi dan perawatan di ICU pun dicek kultur kumannya dan dilakukan sterilisasi. Pada 15 Februari, Maxxon dan Maxxen masuk rumah sakit untuk dilakukan persiapan pra-operasi.

Kemudian, 17 Februari, tim dokter melakukan geladi resik operasi dengan alat dan obat yang akan digunakan saat operasi. Saat itu pasien sudah masuk ruang rawat ICU. Selanjutnya, 19 Februari, tim dokter kembali melakukan geladi resik dan diskusi ilmiah bersama tim dokter dari RS Dr. Soetomo Surabaya. Dari hasil geladi resik itu didapat skenario operasi pasti di hari H. Maka, pada 20 Februari, tepat pukul 07.00, si kembar masuk kamar operasi untuk dilakukan persiapan operasi dan anestesi oleh tim dokter anestesi.

Sumber : https://pascal-edu.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *