Pencernaan Sehat Karena Serat

Buah dan sayur dapat disajikan lewat berbagai variasi menu makanan yang menggugah selera si kecil. Marisa (5) langsung mengerut mukanya begitu melihat hidangan di meja makan. Tampak semangkuk sayur bayam plus jagung kuning yang masih hangat buatan sang mama. Menu yang tampak lezat dan nikmat itu justru membuat anak perempuan ini “bergidik”. Ya, tak sedikit anak yang belum mau makan sayur.

Baca juga : Kursus Bahasa Jepang di Jakarta Selatan

Padahal, sayur (dan juga buah) sebagai sumber serat bisa dibilang sebagai “ alat pembersih saluran pencernaan”. Kenapa demikian? karena dengan memakan serat yang terdapat pada sayur, buah, serealia, dan biji-bijian dapat membantu mengeluarkan kotoran-kotoran yang ada pada usus. Secara ilmiah, serat pangan atau dietary fiber merupakan komponen bahan makanan nabati yang tersusun dari karbohidrat yang memiliki sifat resistan terhadap pencernaan dan penyerapan di usus halus manusia serta mengalami fermentasi sebagian di usus besar.

Adapun sumber makanan yang me ngandung serat adalah buah-buahan, sayuran, serealia seperti gandum, sorgum, jagung, beras merah, oatmeal, cornfl akes, dan bekatul. Serat juga terdapat di biji-bijian seperti kacang hijau, kacang hitam, edamame, dan kacang polong Fungsi serat yang utama bagi anak adalah mencegah sembelit sehingga buang air besarnya lancar setiap hari. Namun, serat juga punya kegunaan lain untuk orang dewasa seperti mencegah kanker usus, mengontrol kadar gula darah dan tekanan darah, menurunkan berat badan dan menurunkan kadar kolesterol sehingga mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung, stroke, dan lainnya.

Kenalkan Sejak Dini

Bahan makanan yang mengandung tinggi serat sebaiknya kita kenalkan pada si buah hati sejak dini. Terutama sejak anak mulai mengonsumsi makanan pendamping ASI yaitu pada usia di atas 6 bulan. Pada usia 6-9 bulan serat diberikan dalam bentuk yang halus atau blenderize. Pada usia 9–12 bulan diberikan dengan bentuk saring kasar. Kemudian, pada usia di atas 1 tahun diberikan dalam bentuk utuh. Contoh konkret menu/makanan yang kaya akan serat yaitu dibuat smoothies buah yang manis, puding buah, jus sayur dan buah.

Sumber : https://eduvita.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *