Pilah-Pilih Camilan

Seiring pertambahan usia, referensi anak tentang makanan semakin beragam. Ia bisa membedakan mana yang enak dan tidak enak, lalu memilih mana yang ia suka dan tidak suka. Walaupun kita sudah memperkenalkan berbagai macam jenis buah dan sayuran sejak ia mendapat MPASI, tetap ada kemungkinan saat lebih besar, anak akan le bih pemilih dalam soal makanan. Secara naluriah anak prasekolah suka dengan camilan-camilan yang memiliki rasa bervariasi dan tampilan menarik. Tak heran, makanan dan minuman manis dalam kemasan akan sangat menarik perhatiannya.

Baca juga : Kursus Bahasa Jerman di Jakarta

Masalahnya, makanan kemasan itu memang enak, namun umumnya mengandung kalori dan gula serta natrium (garam) tinggi, tetapi rendah serat. Contoh, cokelat, permen, keripik kentang. Nah, terkait dengan hal ini, berbagai jurnal ilmiah menyebutkan masa-masa penting pembentukan perilaku makan berada di lima tahun pertama usia anak. Karena itulah, hendaknya makanan kemasan (terutama yang tidak sehat) tidak dikenalkan terlalu dini.

Beberapa jenis makanan kemasan bisa saja diperkenalkan pada anak mulai usia 3 tahun, misalnya biskuit atau camilan berbahan gandum. Namun, camilan seperti keripik kentang yang gurih sebaiknya dihindari. Hati-hati juga terhadap camilan dengan kadar gula dan natrium tinggi. Terlalu banyak mengonsumsi camilan seperti itu bisa mengganggu kesehatan dan merusak gigi. Kemudian, berusahalah membatasi persediaan makanan kemasan di rumah.

Konsekuensi nya memang kita harus lebih rajin membuat ragam camilan sehat. Namun, saat ini banyak kok resepresep praktis dan mudah untuk membuat camilan sehat. Bisa juga dengan memodifi kasi beberapa makanan kemasan untuk dijadikan camilan buatan sendiri. Pendek kata, memulai kebiasaan ngemil sehat tak cukup hanya menghentikan stok makanan kemasan, tetapi juga memotivasi diri untuk memberikan camilan sehat pada si kecil.

Maunya Ngemil Terus

Di usia prasekolah, anak ingin menunjukkan otonominya dalam berbagai hal, salah satunya dalam perilaku makan. Ia memilih apa yang hendak ia makan dan kapan pun ia mau. Usia prasekolah adalah usia seorang anak belajar mengeksplorasi banyak hal di sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *