Cabuk Rambak Untuk 4 porsi

Bahan: 4 bh ketupat, potong-potong 8 lbr kerupuk gendar, goreng 2 lbr daun pisang, untuk pincuk

Bahan Sambal: 4 siung bawang putih, goreng 2 cm kencur 2 btr kemiri, sangrai 1 sdt garam 1/8 sdt merica bubuk 2 sdt gula pasir 150 gr wijen, sangrai, tumbuk halus 2 lbr daun jeruk, buang tulangnya, diiris 150 ml air panas

Baca juga : Catering Pernikahan Jakarta

Cara Membuat: 1. Sambal , haluskan bawang putih, kencur, kemiri,garam. merica, dan gula pasir hingga halus. 2. Tambahkan wijen dan daun jeruk. Aduk rata. Tambahkan air panas. Aduk sampai licin 3. Letakkan ketupat di dalam daun pisang yang dibentuk takir. Siram dengan sambal. 4. Sajikan bersama karak/kerupuk gendar.

Sensasi Sambal Kecur & Mi

Kencur biasanya dipakai sebagai bumbu sambal kacang. Namun di Warung Legian, menjadikan kencur sebagai bumbu pokok untuk membuat sambal ayam penyet. Bahkan sambal kencur ini juga kerap dikombinasikan dengan mi lidi goreng/mi gomak atau mi goreng kampung. Kehadiran sambal kencur menyumbangkan sensasi rasa berbeda pada sajian ayam penyet, mi gomak, maupun nasi goreng kampung. “Cukup lama uji coba mencampurkan kencur ke dalam sambal penyet, hinga didapat rasa yang pas. Komposisinya harus seimbang dan rasa kencurnya tak boleh dominan agar tak mematikan bumbu lainnya,” terang Dian Oktavani, istri Muhammad Ridho, pemilik Warung Legian.

Bahan sambal kencurnya di antaranya cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan tentu saja kencur. Semua bahan direbus dulu lalu disiram minyak goreng panas. Aroma sambalnya sungguh menggoda. Per porsi ayam penyet sambal kencur dijual Rp 15 ribu. Mi gomak gorengnya bertektur lembut, ditumis bersama sedikit kuah dan disajikan dengan bakso, udang, ayam suir dan dialasi telur dadar.

Di Sumatera Utara, mi lidi merupakan santapan khas yang sudah puluhan tahun silam dikonsumsi warga lokalnya. Agar tampil beda, Warung Legian menyajikan mi lidi dengan sajian berbeda. “Artinya, resep lokal yang kami sajikan lebih mewah, dengan pelengkap sambal kencur. Warga sini ternyata sangat suka,” tuturnya lagi. Per porsi mi gomak goreng harganya Rp 15 ribu. Menu lain yang bisa dicicipi di sini adalah nasi goreng kampung. Yang disajikan dengan campuran kangkung dan teri, dengan bumbu sambal kencur. Sajian unik namun enak ini juga harganya Rp 15 ribu per porsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *