10 Cara Mengusir Semut Dirumah dan Cara Mencegahnya

cara mengusir semut

Cara Mengusir Semut – Salah satu serangga yang keberadaannya cukup megganggu kita adalah semut. Semut bisa datang kapan saja dan di mana saja, terutama saat ada makanan dan biasanya semut sangat senang menempel di sekat gypsum atau pada permukaan tembok.

Kedatangan semut yang tiba – tiba dan bergerombol seringkali membuat kita kesal. Pasalnya, semut selalu mengerubuti makanan – makanan yang kita taruh, terutama makanan manis.

Nah, terkadang ketika kita sudah mengusir semut tersebut, tapi semut tersebut bisa kembali lagi dan lagi. Sehingga membuat kita bertambah jengkel karenanya dan berusaha mencari cara mengusir semut yang efektif dan salah satunya adalah dengan menggunakan

 

10 Cara Mengusir Semut Atau Cara Pengusir Semut yang Sangat Ampuh

 

Berikut ini cara – cara mengusir semut efektif dan praktis yang bisa langsung kamu coba di rumah, diantaranya :

 

  1. Menggunakan Kapur Pembasmi Semut

Cara mengusir semut yang pertama yaitu dengan mengunakan kapur pembasmi semut. Kapur yang diformulasikan khusus dengan bahan – bahan kimia yang dibenci semut ini banyak dijual di pasaran.

Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah. Kamu tinggal membuat garis di setiap kaki meja makan atau di tempat – tempat yang sering didatangi semut. Semut tidak akan berani melewati garis yang kamu buat menggunakan kapur tersebut.

 

  1. Bedak Bayi

Jika kamu bingung bagaimana cara mengusir semut yang berada di kamar ataupun lemari pakaian dan jika Anda ingin mendesaun lemari pakaian hingga desain rumah bisa menggunakan jasa interior murah.

Dan ternyata  kamu bisa gunakan bedak bayi untuk mengusir semut. Pasti kamu tidak menyangka bahwa ternyata bedak bayi bisa dijadikan sebagai pengusir semut.

Bedak bayi memiliki fungsi yang sama dengan kapur pembasmi semut. Caranya, cukup taburkan bedak bayi ke bagian lemari atau jalan yang biasa dilalui semut. Maka semut pun akan menjauhi area tersebut.

  1. Menggunakan Kopi

Bagi manusia kopi memiliki aroma khas yang harum tetapi sebaliknya bagi semut, karena semut tidak menyukai aroma kopi.

Nah, hal ini bisa kamu manfaatkan sebagai cara pegusir semut dirumah.

Caranya, taburkan kopi pada tempat – tempat yang biasa didatangi semut atau bisa juga kamu menaburkan langsung di area sarang semut.

Walaupun bubuk kopi ini tidak membunuh semut, tapi taburan bubuk kopi ini berguna sebagai pengusir semut yang mampu membuat semut pergi dan enggan untuk datang lagi.

  1. Menggunakan Daun Sirih

Daun sirih memiliki aroma khas yang dibenci semut sehingga daun sirih bisa digunakan sebagai pengusir semut.

Caranya adalah dengan meremas – remas daun sirih dan meletakkan daun sirih ini ke tempat – tempat yang biasa didatangi semut, maka aromanya akan membuat semut tidak akan berani datang lagi.

  1. Menggunakan Garam

 

Salah satu bumbu dapur yang dapat dipakai untuk cara mengusir semut yaitu garam. Garam dapat membuat semut menjauh dan tidak akan mendekat lagi.

Cara pengusir semut menggunakan garam ini bisa dilakukan dengan menaburkan garam di sarang semut atau di sudut – sudut ruangan.

Cara lainnya, kamu bisa juga menggunakan semprotan yang berisi larutan garam kemudian menyemprotkannya langsung di semut dan sarang semut.

  1. Menggunakan Kayu Manis

Kayu manis memiliki aroma sedap yang disukai manusia. Namun, aroma sedap kayu manis ternyata tidak disukai oleh semut. Untuk mencegah semut datang dan mengerubuti makanan di dapur, kamu bisa menggunakan kayu manis sebagai pengusir semut dengan cara menaburkan bubuk kayu manis di tempat – tempat kamu menyimpan makanan.

  1. Menggunakan Baking Soda

Baking soda selain digunakan untuk membuat kue ternyata juga bisa dipakai sebagai pengusir semut. Bahkan baking soda bisa menjadi racun mematikan bagi semut.

Cara mengusir semut menggunakan baking soda ini dengan mencampurkan baking soda dan gula bubuk. Gula bubuk ini digunakan untuk memancing semut, sedangkan baking soda yang akan meracuni dan mematikan semut. Kamu bisa menaburkan campuran ini ke sarang semut, atau tempat – tempat yang didatangi semut.

  1. Menggunakan Cuka Putih

Aroma menyengat yang dimiliki cuka putih dapat kamu gunakan untuk mengusir semut. Kamu hanya perlu menyemprotkan cuka putih ini ke tempat yang sering di datangi semut. Aroma cuka putih ini akan membuat semut kabur dan tidak akan datang lagi.

  1. Menggunakan Air Jeruk Nipis

Cara mengusir semut dengan jeruk nipis, cukup semprotkan air perasan jeruk nipis ke semut atau sarang semut. Bau asam jeruk nipis akan membuat semut kabur dan menjauhi tempat – tempat yang kamu semprot dengan air jeruk nipis.

  1. Menggunakan minyak mint

Menyemprotkan campuran minyak mint dan air dapat mengusir semut karena arom mint ini tidak disukai oleh semut.

 

Cara Mencegah Semut Datang Lagi Dengan Mudah

 

Apabila kamu telah melakukan cara – cara mengusir semut di atas, kamu juga sebaiknya melakukan cara untuk mencegah semut agar tidak datang kembali dirumahmu dan tentunya hal tersebut bisa dicegah dengan menggunakan Jasa interior ruangan,  caranya yaitu :

–        Selalu menjaga kebersihan

Jika kamu tidak ingin semut datang ke rumahmu sebaiknya jagalah kebersihan. Semut bisa datang sewaktu – waktu ketika ada remahan makanan maupun binatang mati seperti cicak, kecoak atau binatang lainnya yang mati. Rumah yang selalu bersih akan terbebas dari semut.

–        Menyapu lantai secara rutin

Untuk mencegah semut datang, kamu harus sering – sering menyapu lantai secara rutin. Hal ini dilakukan karena kemungkinan ketika kamu makan atau ngemil, remah – remah makanan terjatuh dan memancing semut untuk datang.

–        Menutup lubang – lubang yang dijadikan sarang oleh semut

Lubang – lubang kecil yang ada di dalam rumah bisa dijadikan sarang oleh semut. Untuk mencegah semut datang dan bersarang di lubang – lubang tersebut sebaiknya tutuplah akses lubang tersebut.

–        Selalu menutup makanan rapat – rapat

Makanan yang terbuka akan memancing datangnya semut. Untuk mencegah hal itu terjadi, maka sebaiknya tutuplah rapat – rapat makananmu.

Nah, cara – cara di atas bisa kamu coba agar semut kabur dan tidak akan mendekat ke rumahmu lagi. Semoga cara pengusir semut di atas ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *